Wisata Bahari Lamongan


Fasilitas Pantai Berpasir
Lamongan sejak lama dikenal karena keberadaan Tanjung Kodok. Tempat ini dulunya terkenal sebagai salah satu tempat untuk melihat kemunculan bulan baru (hilal) sebagai penanda awal bulan Syawal - Lebaran Idul Fitri. Selain itu Lamongan juga dikenal karena adanya Goa Maharani.

Di sektiar  kedua obyek wisata ini  kini telah  dijadikan  kawasan wisata yang lebih lengkap dan lebih luas. Sebuah tulisan dekat pintu masuk terpampang jelas berisi "Setiap tahun, kami menambah tiga fasilitas wisata baru". Ini menunjukan  bahwa objek wisata ini akan terus dikembangkan.


Wisata Bahari Lamongan atau Jatim Park II telah berubah menjadi salah satu objek wisata andalan Jawa Timur. Pada tahap awal WBL hanya seluas 11 hektar dan telah dibangun berbagai fasilitas untuk  memenuhi berbagai kebutuhan hiburan bagi keluarga dari seluruh wilayah Indonesia.



Kawasan wisata ini sepintas memiliki konsep  tak jauh berbeda dengan Pantai Ancol di Jakarta. Di sini tersedia Berbagai macam sarana hiburan atau permainan.  Kawasan Wisata ini juga mempunyai  kolam renang yang cukup luas dan lengkap dengan permainan air. Ada juga pasir pantai yang berbutir halus dan berwarna putih kecoklatan  yang bisa digunakan untuk berbagai permainan maupun olahraga pantai. Hal yang berbeda dibandingkan Pantai Ancol - Jakarta adalah warna lautnya yang lebih biru.

Di sini juga tersedia  tempat belanja berbagai souvenir khas Jawa Timur  Lalu ada pasar ikan, buah dan sayur serta pasar hidangan yang dibuka mulai pukul 09:00 pagi sampai pukul 21:00. Area parkirnya cukup luas sehingga bisa menampung berbagai jenis kendaraan yang datang berkunjung.

Kawasan Wisata ini juga dilengkapi hotel berbintang tiga dengan kapasitas 50-60 kamar. Disamping itu, sebuah hotel dengan kapasitas 500 pengunjung disiapkan pula sebagai barak penginapan dimana pengunjung bisa menginap lima sampai 15 orang sekaligus dalam satu kamar.

Rata-rata pengunjung berasal dari daerah-daerah yang ada di Jawa Timur seperti Tulungagung, Nganjuk, Kediri dan Blitar. Belakangan trendnya banyak pengunjung yang datang dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.  

Saat libur lebaran 2005, tak sedikit kendaraan dengan plat nomor kendaaran mobil daerah Jawa Barat, (Jakarta, Bandung, Bogor) ikut memenuhi area parkir kawasan ini. Suatu hal yang membuktikan bahwa kawasan wisata ini telah semakin dikenal oleh pengunjung dari berbagai tempat di Indonesia.

Kurang lebih 200 meter dari objek Wisata Bahari Lamongan, terdapat pula objek gua alam yang cukup terkenal di Indonesia, yakni Gua Maharani. Rencananya objek wisata ini kelak akan disatukan dan menjadi satu paket wisata bahari.

Sebuah jaringan kereta gantung kelak akan menjadi sarana penghubung antar keduanya. Tentunya hal ini akan semakin menambah daya tarik dan keuntungan sendiri bagi pemerintah daerah setempat baik berupa pemasukan dalam bentuk uang, maupun lapangan kerja. Mengingat dari 380 pekerja yang ada 60 persen diantaranya adalah pemuda Lamongan lulusan SLTA dan perguruan tinggi.

WBL berlokasi di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan – Jawa Timur. Kawasan wisata yang berdiri sejak tahun 2004 itu beroperasi antara jam 08.30-16.30 WIB setiap harinya.

Dengan tiket seharga Rp 50.000 untuk Hari Senin - Kamis  dan Rp 60.00 untuk Hari Jumat - Minggu Rp. 60.000,-, para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas tersedia seperti berikut ini:
Tempat Penitipan Barang, Tempat Istirahat, Klinik (Tidak Termasuk Obat),  Toilet Dan Kamar Ganti, Tempat Menyusui Ibu Dan Bayi, Rumah Kucing, Galeri Kapal Dan Kerang, Sarang Bajak Laut, Goa Insektarium, Permainan Air, Playground Remaja, Playground Pasir, Kolam Renang Air Tawar, Kolam Renang Air Laut, Waterboom, Kano, Anjungan Wali Songo, Bioskop 3 Dimensi, Rumah Sakit Hantu, Rotary Coaster, Samba Jet, Mini Columbus, Mini Train, Arena Bermain, Tembak Air (IBL ), Merry-Go-Round, Mini Bumper Car, Mini Bumper Boat (NEW),  Arena Mengemudi, Motocross / 2 lap (Max. 50 kg), Tagada, Planet Kaca,  Tembak Ikan (NEW), Taman Berburu, Paus Dangdut (NEW), Jet Coaster, Bumper Car, Space Shuttle, Rodeo (NEW), Bioskop Desperado (NEW), Ranger (NEW), Drop Zone (NEW), Istana Boneka (NEW), Crazy Car (NEW)


Sela njutnya kalau ingin menikmati bentuk hiburan lainnya akan dikenakan tarirf tambahan sebagai berikut: Arena Panahan ( NEW )Rp. 5.000,-Zona Perang/4 koin ( NEW )Rp. 5.000,-Istana Hantu/4 koin ( NEW )Rp. 5.000,-Arena Foto Cowboy ( NEW )Rp. 5.000,-Kereta Andong ( NEW )Rp. 5.000,-Soccer/4 koin ( NEW )Rp. 5.000,-Big hammer/4 koin ( NEW )Rp. 5.000,-Boxing/4 koin ( NEW )Rp. 5.000,-Arena Ketangkasan/kuponRp. 1.000,-Video Games/4 koinRp. 5.000,-Flying Fox/org ( NEW )Rp. 20.000,-ATVRp. 10.000,-Kiddie Ride/4 koinRp. 5.000,-Sepeda Air/5 menitRp. 7.000,-Ski Boat/orgRp. 10.000,-Long Boat/orgRp. 20.000,-Speed Boat/max. 4 orgRp. 100.000,-King Donut Boat/paket/max. 5 org ( NEW )Rp. 150.000,-Banana Boat/paket/max. 5 orgRp. 175.000,-Perahu Tradisional/org/max. 10 orgRp. 10.000,-Blue Eagle/jam/max. 10 orgRp. 2.500.000,-GoKart/1 LapRp. 14.000,-GoKart/2 LapRp. 25.000,- http://wisatabaharilamongan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Followers