Pulau Komodo Yang Eksotis

Kawasan Nusa Tenggara Timur banyak sekali menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Di sini banyak kawasan yang masih perawan tapi memiliki pemandangan yang menakjubkan. Salah satu di antaranya adalah Pulau Komodo, yang merupakan kawasan hutan lindung untuk hewan kadal raksasa atau dinosaurus mini yang disebut komodo.




Pulau Komodo tengah dipromosikan pemerintah maupun berbagai komponen masyarakat untuk bisa menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Kalau bisa masuk kategori ini, maka dengan sendirinya pulau ini akan terangkat sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka di dunia.
Sayangnya sampai sekarang tak ada informasi tentang bagaimana para wisatawan bisa sampai ke pulau ini. Rute mana saja yang harus dilalui kalau ingin bisa sampai ke wilayah ini dengan cepat. Lalu menggunakan moda transportasi apa saja, tempat menginapnya di mana, kemana harus makan dan berbelanja. Semuanya ini sangat vital agar suatu kawasan bisa berkembang menjadi kawasan wisata, apalagi yang berskala internasional.
Selama ini informasi yang tersedia hanya tentang keindahan alam dan isinya saja. Pada prinsipnya di pulau ini ada dua hal yang bisa ditawarkan, pertama menikmati keindahan alam Pulau Komodo beserta isinya. Dan yang kedua, kegiatan menyelam untuk sekedar hobi ataupun olahraga.
image
Untuk yang pertama, di pulau yang berupa hutan yang mash perawan ini dihuni oleh ribuan komodo. Hewan ini ketika dewasa memiliki panjang sampai dua atau tiga meter dan beratnya bisa mencapai 165 kg. Hewan ini bukanlah tipe pemburu yang aktif. Mereka adalah pemangsa yang hati-hati. Saat mengincar calon korban, komodo membuntuti dengan sembunyi-sembuyi. Yang diincar biasanya hewan yang lemah dan dalam keadaan luka. Sekali mematuk, sang mangsa akan kena. Biasanya komodo baru memakan mangsanya setelah mati.
Komodo Dragon (Varanus Komodoensis) adalah spesies yang berbahaya yang hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Karena keunikan dan kelangkaannya, TNK dinyatakan sebagai salah satu warisn dunia oleh Unesco pada tahun 1986.
TNK terdiri dari tiga pulau besar: Komodo, Rinca, dan Padar, dan pulau-pulau lainnya yang lebih kecil. Total luas tanahnya mencapai 1,817 km2. Saat ini tengah diusulkan perluasan  sebesar 25 km2 ke Pulau Banta dan 479 km2 wilayah perairan sehingga luas total Pulau Komodo mencapai 2,321 km2.
image
Paling tidak ada  2500 Komodos tinggal di wilayah ini. Kawasan ini ditunjang dengan pemandangan yang indah padang rumput, hutan tropis, pantai putih, batu-batu alam yang cantik, dan laut biru bersih. Di kawasan ini bisa juga ditemukan kuda, kerbau liar, rusa, babi liar, ular, kera, dan berbagai tipe burung.
image
TNK juga memiliki wilayah lautan dengan pemandangan yang indah. Para penyelam menyatakan perairan Pulau Komodo termasuk salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Di sini kita bisa menemukan 385 spesies, batu alam yang cantik, hutan bakau, dan tanam-tanaman laut, ribuan spesies ikan, 70 jenis karang, 10 jenis ikan lumba-lumba, 6 jenis ikan paus, kura-kura hijau dan berbagai tipe hiu.
image
Cara mencapai P. Komodo: Memang tidak ada detil rute, sarana transportasi, dan tempat penginapan. Hanya untuk mencapai obyek wisata ini bisa berangkat dari Bandara di Bali menuju ke Labuan Bajo / Bagian Barat Flores.Dari sini kemudian menuju pelabuhan untuk menyeberangi ke Pulau komodo dengan perahu motor menuju Pantai Merah.  Detilnya bisa menghubungi Komodo Tours & Travel Ltd yang berkantor di:
HEAD OFFICE
Jalan Soekarno Hata
Labuan Bajo - Flores - NTT
BRANCH OFFICE:

Denpasar - Bali - Indonesia



1 komentar:

Artikel Populer

Followers