Loading...

Istirahat di Puncak Bogor

Kawasan Puncak Bogor telah dikenal sebagai tempat wisata untuk peristirahatan orang-orang kota yang bermukim di DKI, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya. Hawa sejuk pegunungan dan pemandangan yang indah, yang bisa mengendurkan saraf yang tegang karena kesibukan kerja, menjadi andalan utama.  Banyak orang-orang berduit di kawasan itu yang memiliki vila di Puncak. Tapi di sini juga banyak hotel dan motel yang bisa digunakan mereka yang tidak memiliki vila. Selain itu dalam perkembangannya kawasan Puncak juga sering digunakan untuk rapat instansi pemerintah maupun perusahaan-perusahaan swasta..


Tempat wisata Puncak berada di wilayah WW Mandalawangi dengan luas 39,5 ha. Status tanahnya merupakan hutan produksi yang dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan. Lokasinya sangat strategis dimana merupakan daerah tujuan wisata Cipanas – Puncak Bogor, termasuk wilayah pengelolaan hutan RPH Pacet, BKPH Gede Tikur KPH Cianjur, dan secara administratif pemerintahan termasuk Desa Rarahan Kecamatan Pacet Kabupaten cianjur.
Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1100 m dpl. Konfigurasi lapangan umumnya bergelombang dan berbukit. Curah hujan 3500 – 4500 mm/tahun dengan suhu udara rata-rata 18 – 200 C.
Pemandangan hutan pinus dan hutan alam dengan keanekaragaman jenis yang cukup tinggi diantaranya pohon Puspa, Rasamala, Nangka, Damar, Saninten, Jamuju, Baros, Huju, Pasang, Syfrus, Suren, Kaliandra, Filisium, Kondang, Salam, Mahoni, Cemara, Kurai, Sengon, Flamboyan, Pulus, Eucalypus, Kihaji, Riung anak, Bungur, Angsana, Beringin, Aksia, Rumput pahit, Jampang pahit, Sulanjana, Alang-alang, Putri malu, Antanan, Totoropongan, Takokak, Kaso, Kecubung, Tepus, Sembung gunung, Kiurat, Lemmo, Kingkilaban, Lakotmala, Paku andom, Kadaka, Rotan, Konyal.

Fauna yang terdapat di wana wisata ini antara lainburung pipit, kutilang, tekukur, jogjog, sesap madu, burung hantu, kepodamng, bangau, alap-alap dan kalajengking, berang-berang, anjing huhtan, kucing hutan, tupai, menjangan, kelelawar, kera ekor panjang, macan tutul, babi hutan dan trenggiling.

Kawasan wana wisata Mandalawangi sebagai wisata harian dan wisata untuk berkemah khususnya para pelajar.

Aksebilitas
Dapat dicapai dengan kendaraan roda 4 dan roda 6 dengan jarak tempuh 25 km dari Cianjur, 85 km dari Bandung dan sekitar 95 km dari Jakarta dengan kondisi jalan beraspal.

http://www.tourismwestjava.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer

Followers