Wisata Indonesia Urutan Bawah di Asean

Dililihat dari jumlah kunjungan wisatawan asing yang berkunjung, Indonesia masuk peringkat bawah di antara negara Asean. Meski tahun ini ada trend jumlah wisman meningkat tapi peringkat  Indonesia di sesama negara ASEAN ketinggalan dari Malaysia, Singapura dan Thailand.


Pemerintah Indonesia akan terus berupaya merebut pasar pariwisata di kawasan Asia Tenggara, terutama menjaring para Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang diperkirakan mencapai 55 - 60 juta orang setiap tahunnya.

Pemerintah, melalui Departemen Pariwisata dan Kebudayaan (Depbudpar) akan menaikkan biaya promosi tahun 2010 mendatang untuk mencapai target jumlah wisman yang datang ke Indonesia. "Anggaran promosi tahun 2010 sekitar USD24 juta. Sebelumnya (tahun 2009) hanya sekitar USD15 juta.

Dengan kenaikan anggaran tersebut, paling tidak kita menjaga angka kunjungan wisman yang sudah ada, yaitu 4.619.483 orang per bulan Januari - September, dengan devisa hampir USD6,5 miliar," kata Diyak Mulahela, Direktur Lembaga Pengembangan dan Informasi Pariwisata (Lepita) dalam wawancara eksklusif dengan Business News (25/11).

Sebagai perbandingan dengan negara-negara anggota ASEAN, ternyata pemerintah Malaysia yang paling tinggi mengeluarkan anggaran biaya promosi pariwisatanya, yaitu sekitar USD150 juta. Dengan anggaran sekian, Malaysia berhasil mendatangkan 20 juta wisman ke negaranya. "Sedangkan Singapura berhasil mendatangkan sekitar 9 juta wisman, Thailand sekitar 8 juta. Dan anggaran promosi kedua negara juga masih lebih besar dibanding Indonesia."

Dibanding dengan perkembangan sebelumnya di mana Indonesia hanya kalah dari Thailad, ini tentu merupakan warning. Sebab sebetulnya Indonesia merupakan negara yang sangat kaya potensi wisatanya. Terbentang dari Sabang sampai Merauke, tak terhitung banyaknya tempat pariwisata yang begitu indah dan menarik untuk dikunjungi. Namun dari lima pulau besar dan ribuan pulau kecil yang ada di Indonesia, pulau Jawa dan Bali lah yang setiap tahunnya banyak menarik minat pengunjung. 

Bahkan selama ini 94% wisatawan mancanegara masih menjadikan kedua pulau tersebut tujuan utama wisata di Indonesia. Padahal masih banyak kekayaan alam Indonesia yang tak tersentuh oleh pemberitaan media sebagai objek wisata yang menarik, seperti Danau Maninjau di Sumatera Barat, Baliem Valey di Papua Barat, Pantai Morotai di Maluku Utara, Jembatan Tenggarong di Kalimantan Timur dan masih banyak lagi. Kita tentunya berharap tempat-tempat wisata tersebut dapat diberitahukan ke seluruh dunia agar mereka dapat mengetahui betapa indahnya Tanah Air Indonesia.


Perbandingan jumlah wisatawan yang mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara pada tahun 2007 adalah sebagai berikut :
Jumlah Wisatawan Pada Tahun 2007

Indonesia
3.355.281
Thailand
13.574.786
Malaysia
37.822
Singapura
55.000
Vietnam
200.000

Anggaran pariwisata yang disediakan beberapa negara di Asia Tenggara pada tahun 2007 adalah sebagai berikut :
Anggaran Pariwisata Pada Tahun 2007

Indonesia
Rp.300 Milyar
Thailand
105,7 Milyar Ringgit
Malaysia
10 Juta Dollar Singapura
Singapura
2,5 Milyar Baht
Vietnam
13 Juta U$D

http://mariahelennovita.blogspot.com/2009/09/final.html dan  
http://bataviase.co.id

1 komentar:

Artikel Populer

Followers